Raksasa internet Google akhirnya meluncurkan situs video sharing YouTube versi Indonesia di Jakarta pada hari Kamis (14/06/2012).
Google
tampaknya mulai serius menggarap pasar internet di Indonesia setelah
beberapa waktu lalu membuka kantor di Indonesia, kini disusul kehadiran
situs YouTube versi Indonesia.
Google juga memperkaya konten lokal dengan merangkul penyedia konten lokal seperti kompas TV dan beberapa perusahaan dari grup Viva Media.
Tak sembarang konten dapat masuk ke YouTube versi Indonesia ini,
kabarnya YouTube versi Indonesia ini mengikuti peraturan dan regulasi di
Indonesia serta ikut bergabung dalam kampanye anti pornografi.
Tak hanya itu, Google
juga menggandeng Industri musik lokal seperti Aquarius Musikindo dan
Musica Studios yang dapat memanfaatkan situs video sharing YouTube versi
Indonesia untuk media promosi melalui perjanjian lisensi.
Seperti yang dikutip dari Kompas Tekno dan DetikInet, YouTube versi
Indonesia juga mengusung logo monas dan wayang yang menunjukan identitas
dan budaya Indonesia di YouTube versi Indonesia.
“Penonton YouTube dari Indonesia menghabiskan puluhan juta jam per hari. Ini merupakan angka yang luar biasa,” kata Adam Smith, Director of Product Management YouTube Asia Pasific.
Adam Smith juga mengatakan bahwa Indonesia adalah salah satu pengguna
YouTube terbesar di Asia. Selain itu, Adam Smith juga mengungkapkan
bahwa 70% penonton YouTube berasal dari Amerika Serikat.
Situs YouTube
versi Indonesia menggunakan tampilan yang sama dengan YouTube biasa
namun menggunakan antarmuka berbahasa Indonesia agar lebih akrab dengan
pengguna Indonesia.
YouTube versi Indonesia juga telah menggunakan domain lokal Indonesia .co.id, sehingga YouTube versi Indonesia dapat diakses melalui www.youtube.co.id.
sumber: http://sidomi.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Tulis Komeng.. !!