Pages

Selamat Datang di Juna Blog™, Semoga Bermanfaat Bagi Anda Semua, Jangan Lupa di Follow dan Like Blog Ini, Terima Kasih.

Senin, 22 Oktober 2012

Apple iPhone 5 vs Nokia Lumia 920

Komparasi Ponsel High End � Apple iPhone 5 vs Nokia Lumia 920Masing masing produsen ponsel kini kian menelurkan ponsel unggulannya masing-masing. Terhitung dari Apple hingga Samsung, bahkan Nokia yang merupakan sang senior ponsel genggam pun menelurkan ponsel unggulannya. Uniknya, ketiga produsen ponsel ini memiliki sistem operasi ponsel yang berbeda-beda. Apple dengan Apple iPhone 5-nya menggunakan iOS, Samsung dengan Galaxy-nya menggunakan Android, dan Nokia dengan Lumia menggunakan Windows Phone 8.
Kita sudah sering mendengar atau membaca persaingan antara Apple iPhone 5 dengan Samsung yang memanas. Namun bagaimana jika iPhone 5 ini dipertemukan dengan Nokia Lumia 920 yang notabene ponsel high end dari Nokia yang baru saja diluncurkan. Manakah dari kedua ponsel ini yang cukup tangguh untuk menjawab tantangan?
Desain
Dalam urusan desain, Nokia Lumia 920 masih mengikuti tren serupa pada ponsel sebelumnya seperti Lumia 900 dan Lumia 800. Ponsel ini dibangun dari potongan polikarbonat tunggal yang diberi warna sesuai dengan proses pengerjaannya pada pabrikannya. Nokia Lumia 920 datang dengan beragam warna yang menarik, yakni kuning, merah, putih, dan abu-abu yang mana pilihan warna ini tentu dapat menyegarkan tampilan ponsel diantara warna-warna ponsel dari produsen lain yang hanya menawarkan warna itu-itu saja. Untuk dimensinya sendiri, Nokia Lumia 920 memiliki dimensi sebesar 130.3 x 70.8 x 10.7 mm, 99 cc dan berat sebesar 185 gram yang mana dimensi dan berat sebesar ini masih jauh dari ponsel tertipis dan teringan di pasar. Sedangkan untuk iPhone 5 sendiri berbeda jauh dengan Lumia 920.
iPhone juga masih belum bisa meninggalkan desain dari iPhone 4S yang mana masih menggunakan desain candybar yang cantik. Untuk dimensinya sendiri, iPhone 5 memiliki dimensi sebesar 123.8 x 58.6 x 7.6 mm dan memiliki berat sebesar 113 gram. iPhone 5 memiliki dimensi dan berat yang lebih ringan dibandingkan dengan Lumia 920.
Layar
Jika Anda menyeimbangkan ukuran dan berat dengan ukuran layar, maka Lumia 920 terlihat menarik di bandingkan dengan iPhone 5. Sebagai permulaan itu adalah layar yang lebih besar dibandingkan dengan iPhone 5 dan memiliki kerapatan piksel sebesar 332 ppi yang mana sedikit lebih tinggi dari iPhone 5 yang memiliki kerapatan piksel sebesar 326 ppi. Bahkan Nokia Lumia 920 memiliki kepadatan piksel tertinggi di pasar.
Kepadatan layar tinggi yang dimiliki Nokia itu berasa dari resolusi yang diusungnya yakni sebesar 768 x 1280 pixels. Hal ini merupakan sebuah kenaikan yang signifikan mengingat bahwa ponsel Lumia sebelumnya hanya memiliki resolusi sebesar 800x480. Sebuah fitur unik yang ditanamkan pada Lumia 920 adalah layarnya dapat digunakan meskipun Anda sedang mengenakan sarung tangan. Untuk menghindari goresan yang tidak diinginkan, Lumia 920 melindungi layarnya dengan material anti gores Corning Gorilla Glass 2.
Nokia menggunakan teknologi PureMotion HD+ pada Lumia 920 yang mana dikatakan akan menyegarkan piksel lebih cepat daripada banyak panel LCD lainnya. Nokia juga mengklaim bahwa Nokia Lumia 920 memiliki salah satu layar yang tercerah dibandingkan dengan semau smartphone yang berada di pasaran dan juga otomatis akan menyesuaikan nada warna dan kecerahan tergantung pada ambient jumlah cahaya.
Sementara itu untuk layar iPhone 5 sendiri menggunakan layar sentuh LED-backlit IPS TFT yang mampu menawarkan 16 juta macam warna yang memiliki resolusi sebesar 640 x 1136 piksel dan memiliki kerapatan piksel sebesar 326 ppi. Untuk menangguhkan penggunaan layar, iPhone 5 menyematkan fitur Multitouch di dalamnya. Layar 4 inchi yang diusung oleh iPhone 5 sendiri telah dilindungi oleh material anti gores Corning Gorilla Glass.
Software
Nokia Lumia 920 akan menjadi ponsel pertama yang mengusung OS Microsoft Mobile terbaru yakni Windows Phone 8. Menurut kabar, ponsel ini akan bisa dipesan akhir Oktober nanti. Tidak ada perubahan besar untuk tampilan antar muka Windows Phone 8 dibandingkan dengan Windows Phone 7.5 yang lalu dan lebih banyak pilihan kustomisasi warna, buit-in yang terintegrasi seperti Skype, monitor penggunaan data, dan sistem cadangan dirubah termasuk kemampuan untuk melakukan backup SMS. Nokia Lumia 920 datang dengan prosesor Qualcomm MSM8960 Snapdragon Dual-core yang memiliki kecepatan 1.5 GHz Krait dan RAM sebesar 1 GB. Untuk menangguhkan tampilannya, Nokia Lumia 920 menggunakan prosesor grafis Adreno 225. Dengan prosesor yang ditanamkan ini Nokia percaya bahwa performa yang dibawa Lumia 920 ini tidak akan menemui hambatan.
Berbeda dengan iPhone 5, yang tidak ada masalah sama sekali dengan aplikasi pihak ketiga, salah satu keuntungan terkuat yang coba diusung oleh iPhone 5. Menggunakan iPhone 5 adalah pengalaman yang sangat mirip dengan iPhone sebelumnya. Apple mengatakan iOS 6 yang ditanamkan akan menambahkan lebih dari 200 fitur baru di dalamnya. Salah satu perubahan yang signifikan adalah penghapusan aplikasi Google Maps dari dalam iPhone yang mana telah diganti dengan Apple Maps hasil development pihak Apple sendiri. Namun pengerjaan Apple Maps ini dinilai setengah matang, solusi dalam memberikan direksi jalan kepada pengguna memiliki detail yang kurang baik dan mendapatkan respon yang buruk dari para pengguna Apple. Untuk performanya sendiri, iPhone 5 menanamkan prosesor Apple A-6 Dual-core yang memiliki kecepatan 1.2 GHz dan PowerVR SGX 543MP3 (triple-core graphics) sebagai prosesor grafis yang ditanamkannya.
Kamera
Nokia Lumia 920 memiliki kamera PureView namun tidak berkekuatan 41 megapiksel seperti yang dibawa oleh saudaranya. Sebaliknya, kini Nokia memasarkan PureView dengan setiap fitur atau fitur yang memungkinkan kamera untuk menangkap gambar yang berkualitas. Kamera dengan kekuatan 8 megapiksel yang tersemat di belakang Lumia 920 memiliki “floating lense” yang memungkinkan Anda untuk mengaktifkan image stabilization. Nokia berjanji akan meningkatkan kualitas foto dalam cahaya yang rendah dan meminimalkan efek goyangan dalam menangkap objek.
Untuk iPhone 5 sendiri memilliki kualitas hasil tangkapan gambar yang sangat detail dan baik dibandingkan dengan iPhone 4S. Kamera yang dibawakan oleh iPhone 5 juga memiliki kekuatan sebesar 8 megapiksel yang mana memiliki kekuatan yang sama dengan Lumia 920.
Memori
Untuk urusan simpan menyimpan file, kedua ponsel ini telah dibekali dengan memori yang telah ditanamkan dari pabrikannya. Lumia 920 telah dibekali dengan memori internal sebesar 32 GB dan tidak ada slot untuk kartu memori eksternal. Begitu pula dengan iPhone 5 yang mana telah ditanami dengan memori internal sebesar 16/32/64 GB dan tidak pula disematkan slot untuk kartu eksternal.
Kesimpulan
Dari hasil perbandingan kedua ponsel telah didapati bahwa kedua ponsel ini memiliki perbedaan yang tidak jauh. Antara iPhone 5 dan Lumia 920 keduanya memiliki performa yang sama-sama menarik perhatian para pengguna ponsel pintar. iPhone 5 telah tersedia di pasaran, sedangkat Lumia 920 masih belum secara resmi diluncurkan. Untuk memilih salah satu diantara keduanya, kembali ke minat dan kebutuhan Anda
 
 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tulis Komeng.. !!